Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

SEKILAS TENTANG TASAWUF

Tasawuf,Sufi,ShahihBukhari,Muslim,Annasai,Ibnu Majah,ImamAhmad,ImamSyafii,AlUmm,Thariqat,tarekat,Naqsyabandi,Ahmadiyah,Muhammadiyah,Maqamat,Lathaif,Muraqabah,Mahabbah,SifatShalatNabi,Wudhu,Thaharah,Puasa,Zakat,Infaq,Shadaqah,Haji,Mabrur,Umrah,Laailaahaillallah,Subhanallah,Ratib Hadad,AsmaulHusna,AlQuran,Tafsir,tutorial root android,tutorial blog pemula,download game android,jalaluddin rumi,alghazali,islamic centre rokan hulu,sufiyah,wali songo,Belajar Blog dan SEO Bagi Pemula,Tips Optimasi Blog,Cara Membuat Blog Di Blogger,Template Blogger SEO Friendly,SEO Onpage,SEO Offpage,Backlink,Ping,Konten Berkualitas,Blog Terkenal,Cara Jadi Nomor Satu Di Google,Banyak Trafik Pengunjung,Membuat Template Blogger,rububiyah dan uluhiyah, Allah murka,tentang shalat khusyu,asal ruh,tauhid yang benar,hidayah,taufik,warahmah,samawa,mawaddah,adab imam,adab makmum,adab wuduk,wudlu nabi,bisskey,tawajjuh,tasawuf kerohaniaan islam,shalat tahajjud,shalat tasbih,shalat hajat,shalat lail,shalat istikharah,masalah kematian,tajalli,asmaulhusna,live score,sketchup terbaru,plugin sketchup 2019,auto cad terbaru,tajul muluk,selembayung riau,rahasia huruf hijaiyah,iman kepada Allah,ragam hias ukiran melayu,rukun iman,hisab,liga champion 2019,sifat munafik,budaya melayu rokan hulu,tentang dan hakikat niat,tawassul,domain murah,buat website,bisnis online,bikin website,kursus seo murah,jasa seo murah,jasa seo gratis,jasa seo backlink,biaya jasa seo,jasa toko online,belajar internet marketing,buku seo,al quran,dzikir,buku ilmu tasawuf,maqamat quran,misik arab,sahih bukhari,rukun islam,shahih bukhari muslim,alquran mp3,kumpulan hadist rasulullah,kumpulan hadits shahih bukhari muslim,hadits lengkap,fidyah puasa,kumpulan hadits sedekah,kaligrafi allah,asmaul husna,rukun iman,hajar aswad,ilmu makrifat,ilmu hakekat,ilmu kebatinan menurut islam,ceramah agama,kisah kisah nabi,hakikat tarikat,blog gratis,cara optimasi seo,cara seo website,google adsense adalah,google adsense id,pasang iklan gratis,iklan gratis,iklan baris gratis,pasang iklan gratis tanpa daftar,pasang iklan lowongan kerja gratis,iklan gratis online,pasang iklan gratis di internet,pasang iklan gratis di google,pasang iklan lowongan kerja,pasang iklan properti gratis,situs iklan gratis,pasang iklan mobil,pasang iklan di google,cara pasang iklan gratis di internet,situs pasang iklan gratis terpopuler,iklan gratis terbaik,kisah rasulullah,buat blog,membuat blog gratis,buat akun email,blogger template,buat email baru,bagaimana cara membuat blog,,belajar php 5,cara optimasi seo on page,template blog gratis,daftar blog gratis,meningkatkan seo,artikel seo,blog indonesia,cara bikin blog gratis,cara optimasi website,membuat blog pribadi,optimasi seo off page,cara meningkatkan seo website,cara seo wordpress,download template blog gratis,tips seo,cara menulis artikel seo,backlink gratis,blog gratis terbaik,contoh blog pribadi,teknik seo website,aplikasi blogger,cara meningkatkan website di google,cara menaikkan website di google,cara mendapatkan backlink,download tema blog,plugin wordpress terbaik,cara membuat blog pdf,tools seo gratis,tutorial root android,tutorial blog pemula,download game android,jalaluddin rumi,alghazali,islamic centre rokan hulu,sufiyah,wali songo,Belajar Blog dan SEO Bagi Pemula,Tips Optimasi Blog,Cara Membuat Blog Di Blogger,Template Blogger SEO Friendly,SEO Onpage,SEO Offpage,Backlink,Konten blog Berkualitas,Traffict Blog Tinggi,Cara Jadi Nomor Satu Di Google,Banyak Trafik Pengunjung,Membuat Template Blogger,android murah 2019,smartphone murah,lowongan pekerjaan,fashion trend,desain ekterior dan interior,game online terbaru,recommended pc games,permainan online,game online terbaru,download game gratis,game online pc,main game online,game 3d online,game mobile,game online gratis,game ios,game gratis google,website game gratis,website game online gratis,doa bismillah enam,jual alat musik,komputer terbaru,tips komputer,tips SEO,tips auto cad,tips revit struktur,design interior,ekterior,lampu hias led,tiang lampu dekoratif,lampu selang,lampu LED murah,subwoofer aktif mobil murah,hukum behel dalam islam, selembayung riau, sayap layang, tutorial auto cad, trik sketchup,politik islam,cara berhijab musllimah,hijab muslim,cara aqiqah,hari kiamat, monetisasi akun youtube,tentang wanita muslimah,rukun iman,qadar dan qadha,hukum saksi palsu,hukum alat musik dan nyanyian,berita rokan hulu hari ini,jilbab yang benar,politik islam,perbedaan cara wudhu, apa itu tasawuf, tentang tasawuf, pengertian tasawuf, definisi tasawuf, ilmu hadist, belajar ilmu hadist, sejarah ilmu hadist, pengertian ilmu hadist
Tasawuf dan Islam tak dapat di pisahkan, karena ia muncul sejak dahulu beradab silam namun bukan di zaman Rasulullah, bukan di zaman Khulafaur Rasyidin, tetapi muncul di zaman para ulama salaf setelah sekira 150-an tahun setelah masa Khulafaur Rasyidin, sama halnya dengan kesadaran batin yang Iebih tinggi atau kebangkitan pun tak dapat di pisahkan dari Islam. Islam bukanlah sebuah fenomena sejarah yang berawal 1400 tahun lalu, melainkan sebuah seni kebangkitan yang abadi melalui ketundukkan, tasawuf adalah jantung Islam, usianya setua masa bangkitnya kesadaran manusia.
Kami berusaha menyajikan suatu peninjauan menyeluruh tentang makna tasawuf, kami gambarkan asal usul dan berbagai praktik serta latar belakang sejarah tasawuf, sebagaimana yang di kenal sekarang ini, yang muncul di Timur kemudian menyebar ke seluruh bagian dunia lainnya, kami juga berusaha menunjukkan bahwa para sufi adalah pengemban pesan Islam yang hakiki, tasawuf hanya muncul bila pelanggaran terhadap Islam sudah merajalela, sebaliknya, bila tidak terjadi pelanggaran, maka tasawuf dan Islam yang hakiki adalah itu-itu juga.
Bangkitnya tasawuf di mulai selepas abad pertama Islam sebagai perjuangan melawan berbagai distorsi dan penyalahgunaan ajaran Islam yang kian meningkat, terutama yang di lakukan oleh kepemimpinan atau para penguasa di masa itu. Para penguasa atau raja sering menggunakan nama Islam untuk membenarkan tujuan mereka, atau membuang aspek-aspek ajarannya yang tidak sesuai dengan tujuan atau gaya hidup mereka yang royal, sejak saat itulah sejarah mencatat terjadinya kebangkitan, pembaruan dan militansi di banyak kelompok muslim yang tulus di seluruh dunia Islam yang kian meluas. Mereka ingin sekali mengembalikan risalah Nabi Saw yang murni dan asli.
Ini mcrupakan kebangkitan spontan dari para individu yang menemukan sunah Nabi Saw yang benar, yang di ilhami oleh cahaya kebangkitan dan pemuasan batin, tasawuf menyebar ke seluruh negeri tanpa berbentuk suatu gerakan yang terorganisasi secara sentral, persaudaraan sufi adalah suatu realitas tanpa melalui banyak koordinasi atau organisasi lahiriah, realitas tasawuf merupakan kebangkitan sifat-sifat zahid (asketik) dan rasa gembira yang sejati di dalam hati manusia serta penerimaan hukum nubuah yang lahiriah.
Tasawuf mengandung persamaan dengan mistikisme asketik, tetapi ia juga memberi peluang bagi militansi spiritual dalam banyak hal, persaudaraan yang di alami para sufi terutama di sebabkan oleh persiapan batin dan keadaan hati mereka, ketimbang ketaatan kepada suatu doktrin teologi tertentu atau ikatan-ikatan etnik dan tradisi.
Gerakan tasawuf Islam menggemakan gerakan serupa dalam agama besar lainnya, seperti cabbalisme dalam agama Yahudi, Gnostisisme atau Unitarianisme dalam agama Kristen dan sedikit banyak, dalam kedatangan agama Budha yang sehubungan pula dengan agama Hindu, juga, sebagaimana gerakan dan kebangkitan spiritual lainnya, kita dapati sebagian sufi membawa hal-hal yang ekstrem dan bahkan menyelewengkan multi dimensi Islam, esoterisme yang berlebihan atau penolakan atas ikatan-ikatan perilaku lahiriah atau sunah Ralulullah Saw yang seimbang, adalah beberapa contoh fenomena tersebut, walaupun mereka lebih merupakan kekecualian, bukan kelaziman, yang relevan bagi kita sekarang ini adalah bahwa tasawuf telah memelihara benang dan garis yang jelas tentang transmisi langsung dari kearifan kembali ke Islam yang asli.
Untuk memasuki dunia tasawuf kuncinya adalah kebangunan batin, kebebasan dan kebahagiaan melalui pengenalan akan larangan-larangan lahiriah menurut pilihan dan pembedaan, berbagai kajian yang sudah banyak di lakukan dan sekarang ini di terbitkan dalam upaya memahami arah kebangkitan Islam, seperti kajian tentang kaum sufi di Rusia atau tentang thariqat-thariqat sufi di beberapa negara Timur Tengah dan sebagainya, semuanya berdasarkan pada ketakutan pemerintah-pemerintah yang bersangkutan terhadap kebangkitan yang akan menempatkan kepemimpinan kaum Muslim di tangan orang yang paling kental mengikuti sunah Nabi Saw Muhammad Saw, tentu saja, ini merupakan suatu ancaman besar bagi para penguasa di kebanyakan negeri yang sekarang di namakan negara-negara Muslim.
Penyebab kurangnya manfaat kebanyakan studi masa kini tentang tasawuf dalam pengertian praktis adalah karena watak dari kebangunan batin itu sendiri, yang merupakan inti tasawuf, menulis buku tentang pembangunan batin sesungguhnya hanya mungkin apabila seseorang pernah mengalaminya, sebagaimana memahami buku semacam itu sebenarnya hanya mungkin apabila orang secara sungguh-sungguh menginginkannya, atau apabila ia telah mencapai kebangunan semacam itu.
Sufi adalah wadah yang menghubungkan realitas fisik lahiriah dengan dimensi yang tak berbatas ruang dan waktu yang di alami di dalam batin, sufi hidup bagai ujung gunung es yang nampak pada dunia nyata, seraya mengalami berbagai aspek dari dunia yang tersembunyi dan terhijab yang merupakan pondasi dari apa yang nampak dan yang mernbentuk realitas lainnya. Ia berusaha sebaik-baiknya untuk rnemahami kehidupan lahiriah yang bersifat fisik dan mengikuti hukum sebab akibat seraya sadar akan hakikat batin yang sangat luas, yang meliputi dunia nyata dan dunia gaib, hakikat yang menyatukan alam nampak dan alam gaib, dari waktu dan ruang serta ruang tanpa waktu, karena itulah maka kehidupan batin sufi tidak terbatas,namun, ia mengakui dan menerima ikatan-ikatan lahiriah untuk berlaku baik terhadap alam dan ciptaan alamiah, sufi benar-benar puas dengan kebahagiaan badan yang tak terukur, tapi, ia berjuang secara lahiriah ke arah kualitas hidup yang lebih baik di muka bumi dan berusaha sekuat-kuatnya tanpa terlalu kuatir dengan hasil akhir.
Perjuangan dan pekerjaan lahiriah adalah mitra yang di perlukan bagi penyucian dan pemuasan badan, sufi sejati dari mana pun asalnya, pada hakikatnya adalah sama dalam hal bahwa mereka sama-sama memiliki cahaya pembangunan batin dan kebaikan lahiriah serta pelayanan kepada umat manusia.
Perbedaan yang nampak di antara para sufi cenderung berhubungan dengan praktik spiritual atau resep penyucian hati, Buah manisnya tasawuf sama saja, hanya pohonnya yang mungkin nampak berbeda dari yang berbunga di musim-musim yang berlainan.
Dalam artikel ini, kami berusaha menunjukkan bahwa orang yang mengklaim bahwa boleh mengikuti tasawuf tanpa Islam hanyalah melihat ke satu sisi cerita, kesucian batin pada umumnya dapat di peroleh, tetapi bila tanpa di mulai dengan amalan-amalan lahiriah, maka ia tidak akan menghasilkan suatu perkembangan kultur spiritual yang nyata atau suatu lingkungan yang telah di cerahkan.
Cahaya dan kegembiraan batin mungkin cukup bagi seseorang yang hidup dalam gua, tetapi, begitu ia mulai berinteraksi dengan orang lain, perlulah ia mengetahui apa dan di mana sesungguhnya ikatan-ikatan itu dapat terjalin dengan baik yang harus di lakukan agar interaksi sosial itu dapat berlangsung, di sinilah kita menyadari bahwa hukum Islam itu perlu dan tak terpisahkan dari tasawuf, jadi, relevansi tasawuf sekarang lebih besar daripada di zaman mana pun sebelumnya, karena sekarang kita dapat jauh lebih mudah melintasi batas-batas budaya dan politik, di sebabkan kemudahan akses melalui komunikasi, perjalanan dan kedekatan dunia.
Pesan tasawuf kini terasa lebih mendesak, terutama karena kenyataan bahwa dunia mcnjadi semakin terikat oleh materialisme dan konsumerisme.
Kesadaran akan kehidupan batin manusia merupakan suatu syarat penting bagi pemenuhan predikat kemanusiaannya, kesadaran tersebut datang sebagai puncak dari perjuangannya dalam berbagai suasana batin dan pemuasan kebutuhannya yang mendasar, begitu kebutuhan lahiriah kita di penuhi, maka kebutuhan batin pun harus di penuhi, keduanya begitu saling terkait, sehingga orang yang tersadar akan hakikat lahiriah rnaupun batiniah akan melihatnya sebagai tak terpisahkan dan berkesinambungan dalam satu kebenaran penciptaan.
Hati orang yang tersadarkan seperti itu mencerminkan seluruh alam semesta dan orang semacam itu di gambarkan oleh Syeikh sufi Ibnn ‘Arabi dalam kata-kata berikut ini :
Hatiku telah mampu rnengikuti setiap bentuk,
la menjadi padang rumput kawanan rusa,
Dan bihara bagi biharawan masehi,
Dan kuil bagi berhala-berhala,
Dan peziarah Ka'bah,
Dan lauh dari Taurat.
Dan Kitab AI-Qur'an,
Aku mengikuti agama cinta,
Jalan mana pun yang di tempuh unta cinta,
ltulah agamaku dan imanku.

Posting Komentar untuk "SEKILAS TENTANG TASAWUF"