Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

NASIHAT KETAQWAAN

Mari kita renungkan bersama-sama untuk kita teraapkan pada kehidupan sehari-hari hingga menutup mata, kita kerjakan, InsyaAllah kita akan berbahagia di dunia dan akhirat, tak lupa jua untuk mendukung niat dalam kebaikan ini, hendaklah selalu minta tolong kepada Allah dalam mengamalkannya, kemudian dengan membaca dan dengan memahami kitab Al-Qur'an dan Hadist Shahih Rasulullah, kita dapat kesimpulan untuk di lakukan, yaitu :
  1. Beribadahlah kepada Allah semata, sesuai dengan apa yang telah di isyaratkan, di dalam Al-Qur'an dan Hadits Rasululllah yang di yakini shahih menurut keilmuannya.
  2. Berhati-hati selalu terhadap syirik dalam aqidah, tauhid dan ibadah, sebab syirik menggugurkan amal dan menyebabkan kerugian yang nyata.
  3. Berhati-hati terhadap bid’ah, baik dalam aqidah, tauhid maupun dalam ibadah, sebab setiap bid’ah adalah sesat dan orang-orang yang sesat adalah tempatnya di dalam neraka.
  4. Jagalah shalat dengan baik dan tertib, sebab orang yang selalu menjaga shalatnya, ia akan lebih menjaga dalam hal lainnya dan orang yang meremehkan shalat, ia akan meremehkan hal lainnya juga, sesuatu itu karena terbiasa baru lazim di lakukan, apapun bentuknya, jaga kesucian dalam shalat, jaga thuma’ninah, jaga i’tidal, jaga syarat rukun lainnya serta mari berusaha untuk khusyu dalam shalat, janganlah sampai menunda-nunda dan mengakhirkan waktu shalat, masuk waktunya segera lakukan, kecuali ada halangan lain yang boleh menurut syar'i, sebab seorang hamba bila shalatnya baik, maka seluruh amal perbuatannya baik, sebaliknya bila shalatnya rusak (tidak baik) maka amal perbuatannya juga rusak (tidak baik).
  5. Ta'atilah suami atas sesuatu yang baik, apabila sesuatu yang beuruk, maka lakukan musyawarah agar menjadi baik, jangan melanggar perintah suami atas yang baik, selama tidak menyuruh berbuat maksiat dan dosa, jagalah suami jika dia tidak ada bersama dan ketika ia berada di sisi, jagalah diri, aurat dan hartanya.
  6. Untuk suami, hendaklah bimbing selalu isteri untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya, perhatikan hijab sudah benar sesuai syari'at atau belum serta penuhi selalu kebutuhan rohani dan jasmani, berlaku baik sesama suami isteri, maka kebaikan dan berkah Allah akan membaur dalam kehidupan rumah tangga.
  7. Berbuat baiklah kepada tetangga dengan perkataan dan perbuatan sebagai balas budi dan menolak keburukan.
  8. Bagi muslimah (Isteri) menetaplah di rumah, jangan keluar kecuali dalam keadaan darurat dan menutup aurat (berjilbab atau berhijab).
  9. Berbuat baiklah kepada kedua orang tua, baik orang tua isteri maupun orang tua suami serta kerabat kedua belah pihak, patuhi segala perkataan dan perbuatan, selama mereka menyuruh dalam kebaikan, jika mereka menyuruh berbuat maksiat, maka tidak boleh ta‘at kepadanya, sebab tidak ada keta‘atan dalam maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya.
  10. Curahkan perhatian terhadap pendidikan anak jika sudah mempunyai anak, dengan membiasakan mereka jujur, bersih, benar dalam perkataan dan perbuatan, serta dengan mengajarkan kepada mereka adab yang tinggi dan mulia serta akhlak yang terpuji, suruhlah mereka shalat lima waktu bila sudah berusia 7 tahun keatas dan latihlah sebelum usia tersebut, bila mereka meninggalkannya pada usia 10 tahun, maka pukullah mereka secara ringan untuk pembelajaran dan pisahkan tempat tidurnya antara laki-laki dan perempuan.
  11. Perbanyaklah selalu dzikir, shadaqah, infak, wakaf dan zakat.
Semoga Allah selalu menjaga kita dari setiap bisikan kemasiatan dan kejahatan serta memberkahi kepada kita sekalian husnul khatimah, segala puji hanya bagi Allah, shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Muhammad Saw, para keluarganya dan para sahabat dan pengikutnya sampai hari kiamat tiba serta pada segenap kaum muslimin dan muslimat yang di rahmati Allah.

Posting Komentar untuk "NASIHAT KETAQWAAN"