Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

HARAPAN HARUS DI SERTAI DENGAN USAHA

Pengharapan adalah sesuatu yang di iringi dengan perbuatan, bila tidak demikian, maka itu di sebut dengan angan-angan (lamunan), harapan yang di sertai dengan perbuatan, di mana perbuatan itu dapat membangkitkan semangat kesungguhan di dalam beramal, harapan yang sedemikian di namakan dengan harapan yang sebenarnya dan tepat untuk di laksanakan, sedangkan harapan yang tidak di sertai dengan amal perbuatan untuk mencapai sesuatu itu di namakan angan-angan atau lamunan atau khayalan. Tokoh sufi Al-Hasan Ra berkta : “Hai hamba Allah, berhati-hatilah kamu terhadap angan-angan atau lamunan yang palsu, maka sesungguhnya semua itu adalah jurang kebinasaan yang kamu akan terlena karenanya, demi Allah, tidak pernah Allah memberi kebaikan kepada seseorang hanya semata-mata karena angan belaka, baik di dunia maupun di akhirat.”Angan-angan kosong atau mengkhayal atau lamunan itu merupakan jurang kebinasaan, sebab mengkhayal yang di iringi dengan usaha atau ihktiar nantinya akan membawa dirinya kelembah kehinaan dan kegagalan. Orang yang selalu kerjanya hanya mengkhayal melamun itu menandakan iman yang ada pada dirinya sangat lemah atau kosong, daripada waktu itu di gunakan untuk di isi dengan hal yang sia-sia saja lebih baik di isi sesuatu yang berguna atau amalan yang dapat di petik buahnya kelak.

Salah seorang tokoh sufi Makruf Al-Karkhi Ra berkata : “Mencari syurga tanpa di iringi dengan amal itu adalah suatu dosa dari bermacam-macam dosa, mengharap syafa’at atau pertolongan tanpa di iringi dengan sebab itu adalah merupakan salah satu macam dari bujukan dan mengharap rahmat dari orang yang tidak di taati, itu berarti suatu kebodohan dan kedunguan.” Begitulah pengharapan terhadap sesuatu itu harus di iringi dengan usaha, ikhtiar dana mal, tanpa usaha tidak akan tercapai cita-cita kita, semoga Allah merahmati kita semua, aamiiin…

Posting Komentar untuk "HARAPAN HARUS DI SERTAI DENGAN USAHA"