Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

IMAN KEPADA MALAIKAT ALLAH

Apakah iman kepada malaikat itu? Siapakah malaikat itu?

Malaikat adalah alam nurani yang tidak dapat di lihat, hanya Allah saja yang mengetahui akan hakikatnya, mereka adalah hamba-hamba yang di muliakan dan tidak pernah melanggar perintah Allah serta mengerjakan semua apa-apa yang di suruh Allah.

Malaikat mempunyai tugas yang berbeda berdasarkan golongan mereka, di antara mereka ada yang di tugaskan menurunkan wahyu dari Allah kepada para Nabi dan Rasul-Nya, yaitu malaikat Jibril As yang sebagai malaikat paling utama.

Ada yang bertugas mencabut nyawa manusia, ianya adalah malaikat Izra’il dan pembantu-pembantunya, ada yang bertugas meniup sangkakala, tiupan pertama untuk mematikan semua makhluk yang bernyawa (hidup), yang kedua untuk membangkitkan mereka dari kematian untuk kemudian mengadakan perhitungan (hisab).


Ada malaikat yang bertugas menjaga syurga dan neraka serta mengatur penghuni keduanya, juga ada yang di tugaskan sebagai pencatat seluruh ucapan dan perkataan manusia (kiraman katibin), juga bertugas menjaga manusia di setiap tempat dan waktu.
Dua malaikat yang di tugaskan untuk mempertanyakan kepada manusia di dalam kubur, yakni malaikat Munkar dan Nakir seperti pertanyaan berikut :


1. Siapa Tuhanmu?
2. Apa Agamamu?
3. Siapa Nabimu?
4. Apa Kiblatmu?
5. Siapa Saudaramu?


Apa maksudnya beriman kepada malaikat? Beriman kepada malaikat maksudnya adalah percaya akan keberadaan mereka dengan sifat-sifat dan pekerjaan mereka.
Dan apakah pengaruh iman kepada malaikat?

  1. Mengenal kebesaran Allah yang Maha Kuasa menciptakan para malaikat ;
  2. Mengambil faedah-faedah akan keberadaan mereka dalam perlindungan perhatian do’a dan istighfar bagi umat manusia yang beriman;
  3. Tekad dan kuat untuk membuat ketaatan dan menjauhi maksiat, karena manusia yang menyadari bahwa Allah telah menugaskan malaikat untuk mengawasi segala ucapan dan perbuatannya akan tertarik untuk berbuat baik, taat serta takut akan berbuat maksiat;
  4. Menimbulkan rasa syukur kepada Allah atas inayah-Nya terhadap bani adam berupa malaikat yang di tugaskan Allah untuk menjaga dan melindungi keimanan kita;
  5. Bertambahnya keimanan dengan mencintai para malaikat-Nya;
  6. Bersiap menghadapi hari akhirat dengan selalu mengingat akan malaikat maut dan yang menjaga syurga dan neraka.

Posting Komentar untuk "IMAN KEPADA MALAIKAT ALLAH"