Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

SOMBONG

Definisi sombong sebagaimana di sinyalir oleh Rasulullah dalam riwayat Muslim yaitu “Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia”(H.R.Muslim). “Sombong adalah keadaan seseorang yang merasa bangga dengan dirinya sendiri. Memandang dirinya lebih besar dari pada orang lain, kesombongan yang paling parah adalah sombong kepada Rabbnya dengan menolak kebenaran dan angkuh untuk tunduk kepada-Nya baik berupa ketaatan ataupun meng-esakan-Nya”.
Orang sombong merasa lebih dan hebat pada diri sendiri, kemudian di tambah dengan sifat suka menghina dan merendahkan orang lain. Begitu sombongnya Iblis yang enggan sujud kepada Nabi Adam As. Tidak cukup dengan kesombongannya kepada Allah, lalu ia berkata : “Mana bisa aku bersujud kepada manusia, karena aku di jadikan dari api yang mulia, sedangkan Adam di jadikan dari tanah yang hina. Penyakit sombong bisa menyerang siapa saja, baik lelaki atau perempuan, golongan bangsawan atau bawahan, pejabat tinggi sampai pengemis di jalanan. 

Di dalam Al-Qur'an, Allah telah memberikan peringatan kepada umat manusia akan kebencian-Nya terhadap manusia yang berlaku sombong : “Dan janganlah engkau memalingkan mukamu (karena memandang rendah) kepada manusia dan janganlah engkau berjalan di bumi dengan bersikap sombong, sesungguhnya Allah tidak suka kepada tiap-tiap orang yang sombong takabur, lagi membanggakan diri.” (Q.S. Luqman, Ayat 18). Sombong juga merupakan pendurhakaan terhadap Rasul dan ajaran-NYA, seperti Fir'aun yang mengaku dan menganggap dirinya tuhan, tidak mengaku Nabi Musa As sebagai Rasul utusan Allah. Begitu juga Abu Lahab serta kaum Quraisy yang enggan menerima Kerasulan dan Kenabian Muhammad Saw sebagai nabi akhir zaman.

Posting Komentar untuk "SOMBONG"