Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

SUMBER KEKUASAAN DALAM PEMERINTAHAN ISLAM

Mempelajari pemerintahan Islam merupakan suatu kewajiban dalam agama, pemerintahan Islam mengimplementasikan perintah Allah di muka bumi sekaligus sebagai medium pelaksanaan tugas manusia sebagai khalifah Allah di muka bumi, kendati di lakukan di bawah sorotan fakta yang sama, namun kajian tentang pemerintahan Islam juga menggunakan referensi khusus di seputar bidang kebudayaan yang notabene sanggup membangkitkan energi sosial yang terbilang fantastis.

Pemerintahan Islam dalam perspektif kebudayaan, yang darinya kita dapat dengan jelas memahami, bahwa pemerintahan Islam tidak hanya sekedar ihwal kewajiban agama, namun, sekaligus juga sebagai sebuah keniscayaan budaya, fungsi utama pemerintahan Islam adalah memberdayakan komunitas Muslim sehingga memiliki kesanggupan untuk menduduki posisinya yang hakiki pada titik puncak peradaban manusia, dalam pada itu, komunitas muslim akan mampu mengelakkan diri dari berbagai penyelewengan, kemunduran dan penyakit sosial lain, singkatnya, tegaknya pemerintahan Islam merupakan satu-satunya cara, guna mengaktualisasikan secara optimal segenap kemampuan manusia yang tersembunyi.
Karakteristik pemerintahan Islam adalah sebagai berikut :
1. Sistem keyakinan pemerintahan Islam yang khas.
2. Sistem keyakinan dan spiritual individu muslim sebagaimana yang tampak menggejala di dunia Islam kontemporer.

Posting Komentar untuk "SUMBER KEKUASAAN DALAM PEMERINTAHAN ISLAM"