Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

SHALAT SUNNAT DHUHA

Pengertian shalat sunnat dhuha :

Shalat dhuha adalah shalat sunnat yang di kerjakan pada waktu pagi atau waktu dhuha, yakni mulai matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah yang kira-kira jam tujuh atau jam delapan, sembilan sampai pada waktu masuknya waktu shalat dhuhur.

Shalat dhuha ini di kerjakan sedikitnya dua raka’at atau sebanyak-banyaknya dua belas raka’at dengan setiap dua raka’at satu salam dan cara mengerjakannya sama dengan shalat sunnat dua raka’at lainnya, baik bacaannya, gerakannya yang di mulai dari takbiratul’ikhram dan di akhiri dengan salam, hanya saja niatnya yang berbeda.

Bunyi lafadz niat shalat sunnat dhuha :
Ushalli sunnataddhuhaa raka’ataini lillahi ta’aala
Artinya : “Aku niat mengerjakan shalat sunnat dhuha dua raka’at karena Allah Ta’ala…Allaahu’akbar.
Untuk shalat sunnat dhuha ini sebaiknya pada raka’at pertama sesudah membaca Surah Al-Fatiha di teruskan dengan membaca Surah Asy-Syamsu dan pada raka’at kedua sesudah Surah Al-Fatiha membaca Surah Adh-Dhuha.

Do’a sesudah shalat sunnat dhuha :
Allahumma innad dhuhaa’a dhuhaa’uka walbahaa bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal qudrata qudratuka wal ishmatta ‘ishmatuka.
Allahumma in kaana rizkii fissama ’Ifaazilhuwa in kaanafil ardhi fa’akhijnu wa in kaana mu’assiran fayassirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba’jidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa’ika wa bahaa ika wa jamaalika wa quuwatiika wa qudratika aatinii maa ataita ‘ibaadakash shalihiin.”


Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu kekuatan adalah kekuatan-Mu dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu.”

Posting Komentar untuk "SHALAT SUNNAT DHUHA"