Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

SETIAP JALAN KEBAIKAN PASTI ADA RINTANGANNYA

"Tidak ada satu jalanpun yang kamu Iepaskan (tampakkan) melainkan bagi setiap jiwa itu ada ketentuan Allah yang akan melestarikannya padamu. Janganlah menunggu hilangnya penghalang unruk melaksanakan perjalananmu untuk menuju kepada Allah Ta’aa. Sesungguhnya yang demikian itu akan memutuskan kamu dari kewajibanmu menuju kepada AIlah di dalam apa yang Allah menempatkanmu di dalamnya.”

Orang yang sedang menuju kepada Allah (Salik) di tengah perjalanannya mereka, pasti akan rnenjumpai bermacam-macam rintangan dan rintangan itu adalah merupakan suatu cobaan dan ujian dari Allah semata, misalnya keburukan, kebaikan, sakit, kekurangan harta dan lain sebagainya, meskipun semua rintangan itu mengenai pada diri mereka, jangan sampai tugas dan kewajibannya di dalam mengabdi dan menuju kehadirat Allah itu di tunda hingga hilanglah penghalang atau rintangan itu, sebab yang derrikian itu nantinya bisa memutuskan hubungan dengan Rabbul 'Izzati.

"Dan sungguh kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, jiwa dan buah-buahan, dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu orang-orang yang apabila di timpa musibah, mereka mengucapkan (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali). Mereka itulah yang mendapat kemenangan (keberuntungan) yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (Q.S. Al-Baqarah Ayat 155-157). Kalimat Inna lillalni wainna ilaihi rooji'uun d inamakan kalimat istiria' (pernyataan kembali kepada Allah). Firman Allah : "Wanab luukum bisy syarri walkhoiri fitnah, wailainaa turja'uun." Artinya ”Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu di kembalikan.” (Q.S. Al-Anbiyaa' Ayat 35).

Oleh sebab itu, orang yang sedang menuju dan menghadap kehadirat Allah (salik, hendaknya memperbanyak dzikir (ingat kepada Allah) dalam menjalankan agamanya dengan konsisten di dalam sétiap langkah perjalanannya, agar semua rintangan dan penghalang yang ada di hadapan kita dapat di terobos dengan mudah dan penuh dengan harapan. lngat pepatah Arab yang menyatakan : ”Tidaklah dapat di capai suatu kebahagiaan kecuali harus melalui beberapa kepahitan dulu."

Posting Komentar untuk "SETIAP JALAN KEBAIKAN PASTI ADA RINTANGANNYA"