Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

SEKILAS QADHA' DAN QADAR

Ketentuan Allah itu dalam kehidupan manusia itu terdapat pada yang di alami dalam kehidupan, yaitu :

1. Ketentuan nikmat Allah, maka bagi hamba haruslah ridha dan bersyukur;

2. Ketentuan cobaan Allah, maka bagi hamba harus rela dan sabar;

3. Ketentuan taat dari Allah, maka bagi hamba harus rela dan memandang anugerah-Nya serta menegakkan kewajiban serta senantiasa meningkatkannya dari waktu kewaktu hingga maut menjemputnya;

4. Ketentuan maksiat, maka bagi hamba ridha bahwa itu adalah merupakan takdir Allah untuknya dan sebagai sarana ujian dan cobaan serta musibah bagi manusia dan jin guna jalan syarat di kehidupan akhirat, mau bahagia bertaubat, jika tidak rasakan siksaan yang sangat pedih.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib di tanya mengenai Qadla' dan Qadar. Beliau menjawab,“Malam yang gelap, lautan yang dalam dan rahasia Allah yang agung. Siapa yang ridha kepada-Nya, maka ia akan ridha atas takdir itu. Dan siapa yang benci maka Allah akan membencinya.” 


Di riwayatkan ketika gergaji di letakkan di atas kepala Nabi Zakaria As, ia berhasrat untuk memohon pertolongan kepada Allah, kemudian Allah memberi wahyu, yakni : “Wahai Zakaria! Pilih mana, engkau rela dengan aturan-Ku padamu atau bumi ini akan Aku balik, lalu semua yang ada di muka bumi hancur.” Nabi Zakaria As, hanya diam (rela dengan aturan-Nya), tiba-tiba gergaji itu putus menjadi dua.

Posting Komentar untuk "SEKILAS QADHA' DAN QADAR"