Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

PENJAGAAN ANAK-ANAK

Rasulullah Saw bersabda :
٤۰ - اِذَ ا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ فَكَفُّوْ اصِبْيَانَكُمْ فَاِنَّ الشَّيَاطِنِ تَنْتَشِرُ حَيْنَءِذٍ ، فَاِذَا ذَهَبَتْ سَاعَةٌ مِنَ الْعِشَاءِ فَخَاوَهُمْ .
“Jika kegelapan malam telah datang, maka tahanlah anak-anakmu, karena pada saat itu syetan-syetan sedang gentayangan, dan jika saat Isya’ hampir berlalu, maka lepaskanlah mereka.”Kita jelaskan menurut Ilmu Hadist tentang ini :
Hadits ini ditakhrij oleh Al-Bukhari (2/322, 4/36-37), Muslim (6/106) dan Abu Dawud (3733) dari jalur Ahta’ bin Abi Rabah dari Jabir bin Abdillah secara marfu’.

Imam Ahmad (3/388) juga meriwayatkan hadits ini dengan redaksi sanad yang sama, serta memberikan tambahan: (Sesungguhnya jin memiliki kesempatan untuk menyebar dan menyambar). Sanad hadits ini shahih.

Kata جنح الليل (janahal-lailu) berarti: “Jika kegelapan malam mulai datang;” Ath-Thibi menjelaskan: “Kata itu berarti sebagian malam, yang dimaksudkan disini adalah sebagian yang pertama darinya, yakni tatkala waktu isya’ mulai membentang.” Namun alangkah baiknya jika sebelum maghrib semuanya telah hadir di rumah.

Posting Komentar untuk "PENJAGAAN ANAK-ANAK"