Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

HIJRAHLAH SEBAGAIMANA IBRAHIM AS

Hijrah yang sedang meninggalkan keyakinan pada tahap terakhir di dalam menunaikan kewajiban untuk berbakti kepada Allah Swt dan dalam perjalanan hijrah apakah sudah sampai pada tingkatan sebagaimana nabi Ibrahim As hijrah kepada tuhannya, bebaskanlah diri dari hidup yang merupakan lingkaran syetan pada setiap saatnya kehidupan di dunia.

Posisi sekarang kita adalah pada tempat permulaan ibadah kepada Allah Swt, di sini berarti kita telah mendengar seruan Allah Swt atas kebaikan dan menyembah hanya kepada-Nya, biasanya pada tahap ini manusia mengharapkan ahar amal ibadahnya di terima Allah Swt, dari berkah ilmu menuju kepada pengetahuan yang di hidayahkan-Nya pemahaman atas suatu ilmu tersebut untuk dapat melanggengkan ibadah kepada kategori di luar ria serta berkehendak atas sesuatu yang lain daripada Allah Swt.

Pada tahapan sedemikian kita akan bertemu dengan kesadaran dan keyakinan pada-Nya, sehingga kita telah memerankan pula bagaimana Ibrahim As hijrah kepada kebaikan dari permulaan yang biasa saja, setelah dapat memerankan bagaimana jiwa Ibrahim As terhadap tuhannya, maka janganlah selalu melakukan sifat-sifat yang di murkai Allah Swt, pelajari juga Ibrahim As dalam memberantas kemusyrikan, menegakkan tauhid di atas dunia ini, dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga dan umat lainnya jika mampu, beranilah memberontak untuk melawan kebodohan dan penindasan akhlak yang senantiasa di lancarkan oleh para iblis, jin dan syetan, jauhilah sifat dzalim kepada sesama dalam segala hal sikap.

Lawanlah selalu penindasan perasaan sifat buruk pada bathin menuju kepada kemerdekaan bathin yang di payungi oleh sifat kebaikan, bimbinglah diri sendiri, keluarga dan kerabat lain serta umat manusia jika mampu kepada keselamatan dunia dan akhirat, inilah jihad pada zaman sekarang, jangan ragu-ragu perangilah sifat buruk tersebut.

Bilamana berjuaang dalam api umpamanya, usahakanlah orang lain yang selamat jangan sampai terbakar tetapi jangan pula sampai menganiaya diri sendiri, jadilah penyelamat masyarakat ini yang tertindas oleh para iblis, jin dan syetan, jadilah khalifah Allah Swt yang bertanggungjawab terhadap umat manusia, jika sedemikian maka sampaailah kita kepada MAQAM IBRAHIM, artinya hijrah dari sifat Adam kepadaa sifat Ibrahim dan senantiasalah jaga amal ibadah kepada Allah Swt secara istiqamah.

Posting Komentar untuk "HIJRAHLAH SEBAGAIMANA IBRAHIM AS"