Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

IHSAN...SEBAGIAN DARI HASIL RENUNGAN ATAS CIPTAAN ALLAH


https://wadahsufiyah.blogspot.comAllah telah memerintahkan kamu selama kamu hidup di dunia ini untuk memperhatikan semua ciptaan Allah dan kelak di akhirat Allah memperlihatkan kepadamu kesempurnaan dzat-Nya. Semua hamba yang hidup di dunia ini telah di perintahkan oleh Allah agar pandai memikirkan serta merenungkan tentang kejadian yang ada di alam ini, sebab orang yang selalu memikirkan ciptaan Allah, tentu ia akan mengetahui hakikat Allah dengan penglihatan mata hatinya, kalau sudah demikian, orang tersebut selalu berbuat kebaikan, sebab di mana saja tempatnya selalu di awasi dan di lindungi-Nya, sehingga enggan untuk berbuat kemaksiatan, Allah berfirman,”Katakanlah, perhatikan apa yang ada di langit dan di bumi.” (Q.S. Yunus : 101). Juga Allah berfirman,”Wajah-wajah orang-orang mu’min pada hari itu berseri-seri, kepada Tuhannyalah mereka melihat.” (Q.S. Al-Qiyamah : 22-23).
Oleh sebab itu kesempatan di dunia ini perbanyaklah untuk merenungkan ciptaan-ciptaan Allah, nanti kamu akan melihat Allah dengan penglihatan hati, dengan demikian kelak di akhirat kamu akan melihat Allah dengan penglihatan mata, begitulah sempurnanya dzat Allah, sehingga tidak bisa di bayangkan oleh panca indera saking indahnya. Orang yang berada di maqam ihsan, hendaklah sabar dalam menunggu pertolongan Allah, Allah telah telah mengetahui kamu, bahwa kamu tidak sabar jika kamu tidak melihat kepada Allah secara hakiki, maka Allah memperlihatkan kepadamu apa-apa yang tampak pada-Nya.

Kerinduan seseorang hamba untuk mengetahui dan dekat dengan Allah melalui benda-benda yang nampak ini adalah merupakan karunia Allah yang sangat besar kepada hamba-Nya, inilah yang di maksud dengan maqam ihsan. Orang yang sampai di maqam ihsan ini di suruh sabar oleh Allah dengan menampakkan benda-benda yang ada di sekitarnya, sehingga ia dapat melihat dan dekat dengan Allah di dalam setiap barang yang nampak dalam kehidupan ini.

Posting Komentar untuk "IHSAN...SEBAGIAN DARI HASIL RENUNGAN ATAS CIPTAAN ALLAH"