Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

Pesan Akhlak Dini Hari

Sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain, karena keberadaannya sangat di butuhkan dan andaikata dia pergi, mereka merasa kehilangan sehingga yang akan di jadikan panutan tidak ada dan sebagai penggantinya yang setaraf pun tidak ada, janganlah sekali-kali kamu menjadi orang yang hanya menimbulkan kecemasan diantara mereka sehingga kamu di benci mereka.

Kerukunan dan ketenteraman lingkungan di dambakan di setiap insan dan apabila ada seseorang yang membuat resah masyarakat yang menimbulkan kecemasan mereka, kepergiannya tidak akan di nantikan kedatangannya lagi, dengan kepergiannya, masyarakat merasa tenteram, keberadaannya di setiap yang di tempati selalu di benci dan bahkan di usir, jadilah kamu orang yang senantiasa menampakkan wajah ceria dan janganlah sampai mengerutkan dahimu kepada mereka, muka cemberut dan kusam menunjukkan wajah atau hati sedih dan kurang senang pada keadaan, terimalah apa adanya dengan senang hati, jalani saja kehidupan ini dengan ketabahan dan sabar, walaupun pahit di rasa, kejadian apapun yang kita alami, pasti Allah akan memberikan hikmah dan pelajaran di baliknya, dengan demikian kesedihan pun sirna dengan sendirinya, dan wajah kelihatan berseri-seri tampaklah muka ceria.

Janganlah kamu keras kepala, atau bekerja tanpa tujuan, keras kepala adalah sifat yang harus di singkirkan jauh-jauh, karena bisa mengalahkan sifat-sifat baik lainnya, kalau sifat keras kepala masih mendominasi pada diri yang akibatnya dapat merugikan diri sendiri bekerja pun tak terarah dan sia-sia, apabila kamu mencela seseorang, hanya karena kekeliruannya saja, kemudian tangisi dosa-dosamu, suka menyalahkan orang lain atau mencela tidak di perbolehkan, karena berlandaskan dari firman Allah dalam Surat Al-Insyiqaq Ayat 19 : “Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kejadiannya).”

Manusia di ciptakan oleh Allah tingkat demi tingkat, salah satunya tingkat pemahaman belum berubah atau berbeda sebab yang di cela tingkat pemahamannya di bawah yang mencela, logislah yang mencela atau menyalahkan tidak di benarkan.

Pelajarilah ilmu-ilmu kebenaran agar kamu dapat mengerti apa yang belum kamu fahami, tetapi janganlah sampai kamu jadikan ilmu-ilmu hanya sebagai bahan pembicaraan. (H.R. Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Asakir).

Faham sesuatu ilmu bukan untuk modal berdebat, menonjolkan sesuatu faham yang berseberangan dan faham yang baru selesai di pelajarinya itu adalah yang paling benar sehingga bangga atas golongannya itu dan mengajak adu argument bahwa dialah yang paling benar sendiri, ini tidak di benarkan, sebab berdebat itu tidak di perbolehkan sebagaimana dalam Surat Al-Baqarah Ayat 139 : “Katakanlah, apakah kamu memperdebatkan dengan kami tentang Allah, padahal Dia adalah Tuhan kami dan Tuhan kamu, bagi kami amalan kami, bagi kamu amalan kamu dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati.”

Berseberangan faham yang sudah di yakini tidaklah perlu di besar-besarkan satu sama lain karena masing-masing sudah kokoh dalam keyakinannya hanya saja ajakan orang-orang yang masih mengambang atau yang belum iman.

Posting Komentar untuk "Pesan Akhlak Dini Hari"