Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

OBAT PENYAKIT HATI

1. Menjaga kekuatan mental
Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa salah satu upaya yang harus di lakukan orang yang memiliki penyakit hati adalah menjaga kekuatan mentalnya, dengan ilmu yang bermanfaat dan melakukan berbagai ketaatan. Hatinya harus dipaksa untuk mendengarkan nasehat dan ilmu yang bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah, serta fisiknya di paksa untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Karena ilmu dan amal, merupakan nutrisi bagi hati manusia. 2. Menghindari hal-hal yang membuat penyakit lebih parah
Ibnul Qoyim selanjutnya menyatakan, orang yang sakit hati harus menghindari segala yang bisa memperparah panyakit dalam hatinya, yaitu dengan menjauhi semua perbuatan dosa dan maksiat. Dia hindarkan dirinya dari segala bentuk penyimpangan, karena dosa dan maksiat adalah sumber penyakit bagi hati. Berikut 10 hal yang dapat di lakukan sebagai upaya dalam penyembuhan penyakit hati yang di derita :

Membaca dan menyimak Al-Qur’an;
Merasakan keagungan Allah;
Mencari dan mempelajari ilmu agama;
Banyak berdzikir;
Memperbanyak amal shaleh;
Rajin melakukan ibadah;
Banyak mengingat mati;
Selalu ingat akan tibanya hari akhir;
Tidak terlalu mengharap dunia, dan
Berdo’a kepada Allah agar di jaga keimanan kita.

Posting Komentar untuk "OBAT PENYAKIT HATI"