Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Allah Swt berfirman : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S. Al-Mujadalah : 11). Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmu, barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmu dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula." (H.R. Bukhari dan Muslim).

ADAB KETIKA BERDO’A KEPADA ALLAH SWT

Waktu berdo’a kepada Allah Swt memang tiada batas waktunya, setiap saat boleh saja, hanya saja alangkah sebaiknya dengan adab dan takzim, mengingat tempat kita meminta adalah tuhan Maha Pencipta dan Maha Mengabulkan do’a hambaNya, di sini kita bicarakan adalah adab cara berdo’a secara khusus kepada Allah Swt.
  1. Berwudhu’
  2. Shalat sunat wudhu’
  3. Shalat taubat
  4. Shalat hajat, jika mohon secara khusus
  5. Shalat istikharah, jika mohon petunjuk atas beberapa pilihan
  6. Duduk menghadap kiblat, kalau menurut naqsyabandi maka duduknya tawarruk kiri kebalikan dari duduk tasyahud pada shalat.
  7. Dengan khusyu’ sepenuh hati dan yakin akan do’anya terkabul.
  8. Usahakan berdo’a pada waktu – waktu yang utama untuk berdo’a, seperti di tengah malam setelah tahajjud, antara azan dan iqamat dan lain tempat yang utama menurut sunnah Rasul Saw.
  9. Saat berdo’a jangan memandang langit atau menengadah, akan tetapi tunduk dengan takzim dan khdmat kepada Allah Swt.
  10. Jangan merubah wirid, artinya jika kita sudah membiasakan wirid sehabis shalat, maka hal itu tetap di laksanakan, sedangkan do’a adalah sebagai penutup.
Demikian saja yang dapat kami uraikan cara berdo’a menurut syari’ah, kita tidak akan keluar dari tuntunan Al-Qur’an dan Hadist, sebab hal yang bid’ah harus betul – betul di jaga jangan sampai terlaksanakan, sebab ibadah yang demikian adalah tertolak dan hukumnya sesat.

2 komentar untuk "ADAB KETIKA BERDO’A KEPADA ALLAH SWT"

  1. Alhamdulillah, Terima Kasih Tuan Yuherman telah menyampaikan ilmu yang sangat bermanfaat tentang Definisi Doa, Hukum dan Dalil Do’a serta Adab Ketika Berdo’a Kepada Allah SWT.
    Wassalam.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah atas perkenanNya jua maka hal ini bisa kita lakukan dengan semampu dan ilmu yang sedikit di bandingkan ilmu Allah Swt yang Maha Menguasai Ilmu, amiin.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda...